Posted by: Andy Prabowo | 28/04/2009

Apa itu consulting engineer?

Dear tmn2 blogger smua.. mgkn bbrp dari kita yang awam soal engineering mgkn bingung kalo mendengar kata “konsultan”. Itulah yg saya alamin kalo ktmu sama tmn2 lama (misal tmn skolah/sma). Tiap kali ditanya kerja dimana n nyebutin krj d konsultan,mrk pada kebingungan. Apa mksdnya kerja d konsultan? Apa saja yg dikerjakan di konsultan? Apa produk nyata dari perusahaan konsultan?

Sebenarnya dalam dunia konstruksiĀ  spt yg saya tekunin sekarang, dikenal 3 kelompok besar perusahaan. Sbny ketiganya trmsk dlm kategori perusahaan jasa. Dalam bidang ini dikenal istilah consultant design (konsultan perencana), contractor (kontraktor/pelaksana), supervison consultant/construction management consultant (konsultan pengawas or konsultan manajemen konstruksi).

Konsultan perencana sbny merupakan mitra dari klien/owner ketika si klien/owner ingin membuat suatu bangunan sipil/prasarana fisik (gedung, pabrik, gudang, jalan, jembatan, dll). Perencana membantu kliennya dalam mendesign suatu bangunan sesuai dengan keinginannya. Keinginan di sini maksudnya mulai dari segala aspek yang berhubungan dengan hal-hal teknis sampai pada budget estimatenya. Jadi intinya kerja di konsultan itu sama saja berusaha untuk memuaskan sesorang dengan tujuan org tsb kembali lagi kepada konsultan tsb dengan memberi pekerjaan lainnya. Jadi boleh dibilang ada sedikit hal yg berhubungan dgn “service to the consument”.. hehehe… Karena bidang pekerjaannya berhubungan dgn teknik makanya si perusahaan sering disebut juga consulting engineer.

Konsultan perencana sering juga melakukan pekerjaan pengawasan thd proyek yg sedang dilaksanakan oleh kontraktor apabila klien/owner berkenan dan menunjuk. Dengan begitu si konsultan betul2 melakukan pekerjaan yg namanya konsultasi scr penuh. Karena pekerjaan tidak hanya terbatas pada proyek yg belum jalan saja tetapi bertanggung jawab penuh terhadap keseluruhan proyek. Dan yang lebih penting lagi bagi saya,walaupun memang produk nyata dari konsultan adalah gambar kerja di lapangan tapi yang paling penting adalah advise yang diberikan untuk klien terhadap konsep-konsep design yang ingin dilakukan. Masalah sekadar gambar dan perhitungan itu memang sudah merupakan kewajiban dari konsultan. Bahkan utk hal-hal kecil seperti bangunan2 pendukung,kontraktor dapat saja melakukan design lalu konsultan tinggal menyetujuinya saja apabila semua persyaratan design tidak ada masalah.

Masalah kerja di konsultan tidak hanya bagaimana pada bagaimana si orang2 di konsultan itu bisa menghitung dan menggambar. Bagi saya edukasi kepada klien mengenai hal-hal yang berhubungan dengan permasalaha teknik jauh lebih penting. Kadang saya suka menemukan klien yg kurang begitu menghargai jasa konsultasi walaupun tidak semua klien seperti itu. Mereka selalu berpikiran bagaimana supaya fee konsultasi itu seminim mungkin. Padahal jasa konsultasi tidak hanya sebatas pada sebuah design dan hasilnya tapi ada hal seperti evaluasi design dan perbandingannya terhadap berbagai alternatif yg memungkinkan. Di sinilah proses evaluasi dan perbandingan terhadap berbagai alternatif menjadi hal yg mahal bagi klien.

Seharusnya hal itu dihindari. Fee jasa konsultasi sebaiknya dipandang sebagai suatu investasi. Tentunya apabila kita mau berinvestasi harus berhati-hati. Jangan sampai di kemudian hari biaya2 lain yg timbul utk pemeliharaan menjadi lebih besar dari pada nilai investasi awal. Paradigma berpikir hendaknya dirubah. Itulah yg menjadi salah satu hal yg perlu dilakukan konsultan. Seperti pendapat saya sebelumnya bahwa sudah merupakan tugas bagi konsultan untuk mengedukasi klien. Namun demikian hendaknya para konsultan harus mempunyai argumentasi yang kuat terhadap setiap keputusan yang diambil dengan tujuan kita tidak mudah dimentahkan oleh klien. Karena sebagai orang yg lebih mengerti dari klien setiap argumentasi harus didasarkan pada hal-hal yg bersifat engineering tetapi dikemas dalam hal yang mudah dimengerti oleh banyak orang. Nah,di sinilah menjadi salah satu seni dalam dunia jasa konsultasi engineering.

Mudah-mudahan tulisan singkat saya ini bermanfaat bagi teman2 semua yg msh awam mengenadi dunia konsultasi engineering khususnya dalam bidang rekayasa sipil.


Leave a comment

Categories